Kamis, 09 Mei 2019

Seputar Kartu Magnetik / Gesek

Kartu magnetik adalah kartu yang memiliki fungsi untuk menyimpan data pada bagian pit hitam yang terpasang pada kartu. biasanya kartu ini digunakan pada kartu ATM, credit card, key card hotel, dan masih banyak lagi. kartu ini digunakan dengan cara digesek pada reader kartu magnetik.

Kartu magnetik terbagi menjadi 2:

-   Magnetik HICO
Kartu magnetik HICO (High coercivity) adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 – 4000 Oe (ISO 7811-6) dan biasanya diencode dengan daya magnetik yang lebih besar (2750 Oersted). Inilah faktor yang membuat kartu HiCo lebih tahan lama karena dalam prosesnya seharunya tidak mudah dihapus. Warna stripenya hitam dan paling banyak diaplikasikan untuk Kartu ATM, Kartu Member, Credit Card, Kartu Pelajar, Kartu Pegawai dsb.
-   Magnetik LOCO
Kartu Magnetik LOCO (Low coercivity) adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 – 600 Oe (ISO 7811-2). Memiliki karakteristik warna stripe cokelat dan paling direkomendasikan untuk pemakaian jangka pendek. Magnetik LOCO biasanya diencode pada daya magnetik yang rendah yaitu (300 Oersted). Jenis ini paling banyak digunakan untuk kartu hotel, kartu bermain, kartu event dsb.

Kelebihan:
- HICO
   lebih tahan lama dalam penggunaannya dan dapat menyimpan data lebih tinggi.
- LOCO
   lebih murah karena hanya dapat menyimpan data lebih rendah.

Kekurangan:
- HICO
  lebih mahal karena penggunaan stripe yang lebih tahan lama
- LOCO
  data mudah dihapus karena menggunakan stripe yang lebih rendah

Sudah banyak hotel yang menggunakan alternatif kartu magnetik sebagai kunci hotel selain kartu RFID. biasanya hotel menggunakan kartu magnetik jenis LOCO karena tiap saat data dihapus dan diganti dengan data baru.

Perbedaan mendasar kartu magnetik dengan kartu RFID yaitu tingkat efisiensi dan keawetan lebih bagus kartu RFID. tetapi tidak menghilangkan kesan eksklusif dan elegan dalam penggunaan kartu magnetik sendiri. agar tetap awet dalam penggunaannya kartu ini jangan sampai lecet di bagian magnetik atau stripe warna hitamnya karena akan mempengaruhi daya baca kartu tersebut.

Karena pemakaian kartu magnetik cukup lama maka kami sarankan cetak kartu magnetik dengan kualitas no 1 hanya di UCard Semarang percetakan yang memberikan jaminan kualitas dan harga terbaik. tunggu apalagi hubungi kami di jl dr cipto no 20 blok C2 atau telf 02486400945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar