Jumat, 03 Mei 2019

Macam - Macam Kartu Elektronik


Di era modern ini banyak orang yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi dalam segala hal. banyak solusi yang menawarkan kemudahan tersebut diantaranya dengan kartu elektronik. sudah banyak kartu elektronik yang beredar di masyarakat luas seperti halnya emoney, tap cash, ATM, dll.

Kartu Elektronik umumnya dibagi menjadi 2 tipe penggunaan, yaitu :

1. RFID (Kartu Tempel)
Kartu RFID (Radio Frequency Identification) adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. RFID sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
Merupakan jenis RFID yang mengunakan frekuensi 125 KHz yang berisi data berupa angka sebanyak 10 digit yang disuport dengan tipe reader EM4001. Kekurangan kartu ini hanya dapat dibaca saja.
Merupakan jenis RFID yang menggunakan frekuensi 13,56 MHz yang dapat diisi data dan suport dengan tipe reader RC522. Kelebihan kartu ini dapat diisi data sesuai kebutuhan.

2. Magnetik (Kartu Gesek)
Kartu Magnetik (Gesek) adalah kartu yang menyimpan data dengan media pita hitam yang terpasang pada kartu yang cara penggunaannya dengan cara digesek ke alat pembaca kartu magnetik. Kartu magnetik biasanya digunakan pada kartu ATM atau Game Card sebagai media penyimpan data keuangan elektronik. Kartu magnetik terbagi menjadi 2 yaitu:
-   Magnetik HICO
Kartu magnetik HICO (High coercivity) adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 – 4000 Oe (ISO 7811-6) dan biasanya diencode dengan daya magnetik yang lebih besar (2750 Oersted). Inilah faktor yang membuat kartu HiCo lebih tahan lama karena dalam prosesnya seharunya tidak mudah dihapus. Warna stripenya hitam dan paling banyak diaplikasikan untuk Kartu ATM, Kartu Member, Credit Card, Kartu Pelajar, Kartu Pegawai dsb.
-   Magnetik LOCO
Kartu Magnetik LOCO (Low coercivity) adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 – 600 Oe (ISO 7811-2). Memiliki karakteristik warna stripe cokelat dan paling direkomendasikan untuk pemakaian jangka pendek. Magnetik LOCO biasanya diencode pada daya magnetik yang rendah yaitu (300 Oersted). Jenis ini paling banyak digunakan untuk kartu hotel, kartu bermain, kartu event dsb.

Dari segi kemudahan dan kenyamanan pengguna kartu elektronik sangat cocok digunakan sebagai media yang memiliki banyak fungsi seperti ID Card, kartu pelajar, kartu ATM, kartu pegawai, kartu hotel, kartu akses, kartu parkir, kartu kredit, dan masih banyak lagi. Jika membutuhkan jasa percetakan kartu elektronik murah dengan kualitas no 1 bergaransi saya sarankan cetak di Ucard Semarang yang beralamat di jl. Dr Cipto no 20 Blok C2 atau bisa menghubungi 02486400945. Sudah banyak customer yang puas dengan hasil cetakan Ucard Semarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar